Total Tayangan Halaman

Senin, 30 April 2012

KUNJUNGAN INDUSTRI KE PT.PISMATEX


Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan tercapainya salah satu standar kompetensi pada mata pelajaran IPA . Siswa SMK Muhammadiyah Karanganyar Kabupaten Peklaongan tahun pelajaran 2011/2012 melaksanakan kegiatan kunjungan industri di PT. PISMATEX. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 26 April 2012 sampai dengan hari Sabtu, 28 April 2012. Kegiatan ini di ikuti oleh semua siswa kelas XI dengan jumlah 116 siswa yang terbagi dalam tiga rombongan.Kunjungan kali ini adalah untuk melihat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang ada di PT. PISMATEX.

PT PISMATEX adalah salah satu pabrik yang terdapat di Kab. Pekalongan, tepatnya di Sapugarut- Pekalongan. Perusahaan ini bergerak di bidang Tekstil dengan produk “ Sarung Gajah Duduk”, yang sebagian besar bahan buangannya adalah limbah cair yang dihasilkan dari proses pencelupan warna. Dalam proses pencelupan warna menggunakan bahan kimia yang ketika dibuang akan mencemari lingkungan apabila tidak melalui pengolahan. untuk menghindari hal tersebut di PT. PISMATEX telah memiliki IPAL (Instalansi Pengolahan Air Limbah) untuk mengolah limbah cair yang dihasilkan dari pencelupan warna.

Kedatangan rombongan SMK Muhammadiyah Karanganyar mendapatkan sambutan yang menyenangkan dari pihak PT. PISMATEX sehingga kami sangat terkesan karena pelayanan dan bimbingan yang diberikan. Selama di sana siswa di beri banyak pengetahuan dengan melihat secara langsung aktivitas pengolahan limbah, mulai dari proses pertama kali limbah dihasilkan sampai limbah telah siap di buang dengan aman tanpa mencemari lingkungan. Rangkaian kegiatan yang kami lakukan di sana adalah dengan melihat secara langsung proses penampungan pertama saat limbah dikeluarkan, yang kemudian dilanjutkan dengan proses yang kedua yaitu tahap pengumpulan semua jenis limbah yang di tampung dalam kolam yang disebut proses equalisasi.Tahap selanjutnya adalah, dari bak equalisasi kemudian limbah cair diproses secara kimia
dengan menambahkan bahan koagulan yang fungsinya adalah untuk proses perekatan limbah dari proses pencelupan warna. setelah melalui tahap koagulasi, selanjutnya limbah masuk ke tahap flokulasi. Proses pengolahan limbah setelah melului tahap flokulasi adalah pengaliran limbah menuju tangki sedimen I, di tangki sedimen I terjadi proses pemisahan antara air limbah dengan lumpur limbah.Kemudian dari tangki sedimen I limbah  akan dimasukan ke tangki Aerasi dan terjadi proses pengolahan biologi, tujuannya adalah untuk mendegradasi limbah organik dari yang dihasilkan dari tangjki sedimen I. Pada tangki Aerasi limbah didegradasi oleh mikroorganisme pendegradasi materi organik.Tahap pengolahan berikutnya, setelah dari tangki Aerasi limbah dialirkan ke tangki sedimen II. Di tangki sedimen II limbah sudah siap untuk dibuang yang sebelumnya telah melalui tahap pengujian Suhu, pH, parameter biokimia ( BOD dan COD ) sehingga limbah aman di buang ke lingkungan. demikian rangkaian kunjungan industri ini. Apresiasi yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada PT.PISMATEX yang telah banyak membantu dan berbagi pengetahuan dengan siswa-siswi SMK Muhammadiyah Karanganyar.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews